Kritisi Demi Perjuangan Menolak Eksploitasi Diri

images1Ini merupakan pengalaman yang sulit rasanya untuk diterima. Masih tentang salah satu program yang harus dijalani oleh setiap mahasiswa yang mengambil bidang kependidikan atau keguruan. Masalahnya adalah tentang ketidaksesuaian antara ketentuan pihak terkait mengenai program pemagangan kependidikan,  saya tidak ingin ungkap langsung program sebenarnya.
Nah,  yang tertera pada kartu studi masing-masing mahasiswa,  beban untuk pemagangan adalah sebesar 6 SKS. Maka dapat kita artikan ke dalam status mata kuliah lainnya dalam 6 SKS tersebut terdapat tatap muka,  mandiri,  dan terstruktur. Jika kita asumsikan 6 SKS tersebut adalah mata kuliah yang benar-benar penuh kegiatan praktik,  maka per-SKS-nya diberi waktu 100 menit. Jika dikalkulasikan maka dari ketiga bagian yang terdapat dalam siatem SKS tersebut, keseluruhan yang tersedia untuk kegiatan pemagangan adalah 30 jam atau 1800 menit. Itu lah yang harus kita jalani dalam kegiatan pemagangan per-minggunya. Nah kemudian kita coba bandingkan dengan keputusan pihak terkait yang memutuskan memberi izin kepada mahasiswa magang, hanya 1 hari untuk ke kampus atau untuk kegiatan lainnya. Hari PBM dilaksanakan 6 hari dalam seminggu. Jika dalam 1 hari kegiatan PBM adalah ‘8 jam’,  maka jika kita hitung 5 hari maka kegiatan magang akan berlangsunh 40 jam. Sudah tidak sesuai bukan,  nah itu tidak termasuk lagi kita mengerjakan hal-hal berkaitan dengan magang di rumah. Berarti saat di rumah tak ada lagi TM dan TS (bisa bebas donk!).
Nah untuk itu saya sebagai mahasiswa jelas tidak setuju akan keputusan pihak pemagangan,  melihat perhitungan yang semestinya di atas. Jika memang harus demikian mengapa besaran beban pemagangan tidak dinaikkan saja menjadi 13 SKS? Kalau seperti bisa dimaklumi. Tapi dengan beban 6 SKS yang tertera di karti studi rasanya tidak sinkron dengan apa yang dikerjakan.
Jadi keputusan, yang harus saya ambil,  saya akan ikut perhitungan sesuai dengan sistem SKS yang diterapkan oleh instansi tempat saya menuntut ilmu.
Mari rekan-rekan lainnya cermati setiap kegiatan yang kita laksanakan agar tidak ada yang merasa dirugikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s