Hadirnya Guru Produktif Bagi Teknik Elektronika Industri

Simpang Kanan (01/06), merupakan sebuah bantuan yang sangat bermanfaat ketika sebuah sekolah yang awalnya tidak mempunyai guru untuk mata pelajaran produktif dengan kehadi12ran dan pemenuhan guru mata pelajaran di sekolah yang baru saja mendapatkan status sebagai sekolah negeri di Kabupaten Aceh Singkil, Aceh. Ya, SMK Negeri 1 Simpang Kanan, merupakan sebuah sekolah yang dirintis oleh seorang guru yang bernama Bay Suminggara, S.Pd pada tahun 2011. Beliau merupakan salah satu alumni dari FPTK dengan program studi yang terkait dengan yang ada di SMKN 1 Simpang Kanan, yakni Teknik Elektronika. Sekolah yang diberi status sebagai sekolah negeri pada awal tahun 2014 ini saat ditangani oleh Kepala Sekolah yang bernama Syahrul, S.Pd. Saat pertama berdiri sekolah ini hanya mempunyai satu orang guru mata pelajaran produktif yakni Kepala Sekolah pertama mereka Bay Suminggara, S.Pd. Setelah beliau dipindahtugaskan pada akhir tahun 2013 sekolah ini benar-benar kehilangan guru mata pelajaran produktif satu-satunya itu. Sejak saat itulah mata pelajaran produktif seakan mati suri.

Dengan adanya program Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM3T). Kepala sekolah saat ini Muh. Yasri Tumanggor, S.T. berinisiatif untuk menghadirkan guru tersebut di sekolahnya, sebab ia memang benar-benar membutuhkan guru untuk mata pelajaran produktif. SM3T angkatan IV tahun 2015 memang menyediakan guru muda dengan bidang pendidikan kejuruan. Untuk Kabupaten Aceh Singkil, mendapatkan 2 (dua) orang guru yang berasal dari pendidikan kejuruan, yakni dengan program studi pendidikan teknik elektronika dan pendidikan teknik elektro. Dengan persetujuan Kepala Dinas Aceh Singkil, kepala sekolah SMKN 1 Simpang berhasil mendapatkan dua orang guru produktif tersebut. Dengan adanya tambahan guru produktif ini maka akan sangatmembantu pemenuhan kebutuhan yang selama hampir 2 tahun tidak terpenuhi.121

Kehadiran guru SM3T sangat membantu sekolah dalam hal pemenuhan kebutuhan guru mata pelajaran produktif di SMK Negeri 1 Simpang Kanan”, dikutip dari Sayuti, S.Pd. selaku wakasek bidang kesiswaan. Dengan adanya guru SM3T sekolah menjadi lebih efektif untuk kegiatan belajar mengajar. Sebab semua kelas dapat belajar dengan guru masing-masing. Tidak ada lagi siswa yang bekerliaran di lingkungan sekolah SMK Negeri 1 Simpang Kanan dikarenakan tidak ada guru yang mengajar mereka.

Diharapkan juga pemenuhan guru SM3T ini dapat berlanjut untuk tahun berikutnya sebab sekolah masih membutuhkan guru produktif untuk paket keahlian yang baru akan dibuka pada tahun ajaran 2015/2016 ini, yakni Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Meskipun pada tahun 2014 lalu formasi CPNS telah terisi untuk pemenuhan kebutuhan guru untuk paket keahlian Teknik Elektronika Industri, yang berjumlah 3 orang serta 2 orang guru untuk pemenuhan kebutuhan paket keahlian Rekayasa Perangkat Lunak.

Penulis: TIJ #SM3T Angkatan IV Aceh Singkil

Artikel SM3T Tri1

One thought on “Hadirnya Guru Produktif Bagi Teknik Elektronika Industri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s