Sejarah Ringkas SMKN 1 Sul-Sel

logo-teknik-instalasi-pemanfaatan-tenaga-listrik-edit-huruf

Teknik Instalasi Tenaga Pemanfaatan Listrik SMKN 1 SULSEL

SMK Negeri 1 Sulawesi Selatan adalah sekolah bidang teknologi industri yang terdiri dari berbagai jurusan, salah satu diantaranya jurusan teknik elektro. Sekolah ini didirikan pada tahun 2010 yang pada awalnya merupakan sebuah institusi balai latihan dan pendidikan teknik (BLPT). Lokasi sekolah ini pada awalnya berada di Jalan Bontomanai No. 14  Gunungsari Baru, Rappocini, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Pada awal berdiri, sekolah ini bernama SMK RSBI Sulawesi Selatan. Namun disebabkan beberapa permasalahan mengenai statuta RSBI secara nasional maka sekolah ini kembali berganti nama dengan menghilangkan RSBI menjadi SMK Negeri 1 Sulawesi Selatan di bawah Provinsi Sulawesi Selatan. SMK Negeri 1 Sulawesi Selatan dibangun 1974 oleh Pemerintah Pusat bekerja sama dengan Bank Dunia (Counterpart World Bank). Diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia (Jenderal Soeharto) pada tanggal 22 Mei 1975 dengan nama Pusat Latihan Pendidikan Teknik (PLPT) Ujung Pandang atau Technical Training Centre (TTC). Fungsi utamanya adalah sebagai pus

at pelayanan praktik bagi STM yang tidak memiliki sarana praktik. Pada tahun 1980 terjadi perubahan struktur Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Depdikbud), demikian pula Kantor Wilayah Depdikbud Provinsi Sulawesi Selatan. Sehubungan dengan itu terjadi perubahan struktur pada PLPT Ujung Pandang menjadi Balai Latihan Pendidikan Teknik (BLPT) Ujung Pandang. Ketika diberlakukan UU Nomor 22 Tahun 1999 tentang Otonomi Daerah pada tahun 2001 maka BLPT Ujung Pandang dialihkan pengelolaannya di bawah pemerintah otonomi daerah Makassar, sehingga berubah nama menjadi BLPT Makassar. Pada tahun 2003 terjadi perubahan status menjadi Unit Pelaksana Teknik Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan (UPTD) BLPT Sulawesi Selatan, berdasarkan keputusan Gubernur Sulawesi Selatan Nomor 37 Tahun 2003 Tanggal 26 Agustus 2003 tentang pembentukan Organisasi Tata Kerja Unit Pelaksana Teknik Dinas. Pada tahun 2008 terjadi perubahan menjadi Unit Pelaksana Teknik Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan (UPTD) BPPKT Sulawesi Selatan. Pada tahun 2010 dilakukan revitalisasi bekerja sama dengan Direktorat Pembinaan SMK dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, maka berdirilah SMKN RSBI BPPKT Sulawesi Selatan, berdasarkan Keputusan Gubernur Sulawesi Selatan Nomor 2494/X/2010 tentang Pendirian Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional SMKN BPPKT Sulawesi Selatan serta Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Nomor 188.4/PD4/523/2010 Tanggal 02 Nopember 2010 tentang Izin Operasional Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di UPTD-BPPKT Sulawesi Selatan. Pada tanggal 30 Januari 2013 terbit surat edaran dari Mahkamah Konstitusi (MK) No. 017/MPK/SE/2013 tentang kelembagaan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, berbunyi: semua sekolah yang selama ini mendapat izin dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) berstatus menjadi sekolah reguler yang dibina oleh pemerintah provinsi/kabupaten/kota. Dengan terbitnya surat edaran MK tersebut, dilakukan perubahan paradigma dan penataan manajemen, berganti nama menjadi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 (SMKN 1) Sulawesi Selatan.

Sekolah ini bertekad menjadi sekolah penyelenggara pendidikan teknologi dan kejuruan yang terdepan. Untuk itu disusunlah slogan yang sekarang mamasih dipakai yaitu, “Menyiapkan Sumber Daya Manusia yang Profesional Berlandaskan ImTaq dan IPTEK”. Berbagai prestasi gemilang telah diciptakan oleh sekolah ini baik di bidang akademik maupun non akademik sehingga sekolah ini mampu menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan terkait dengan proses belajar mengajar dan penguasaan keterampilan siswa serta penempatan lulusan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s